(kebanyakan tugas sih) let's go!

Kamis, 17 November 2016

cerpen "teman kecil" part I



Teman Kecil
Tok.. tok.. tok.. “siapa sih jam segini ketok-ketok pintu”. *bangun, membuka-kan pintu* “happy birthday to you, happy birthday to you” ternyata orang tua, kakak, adik dan, Damian telah berkumpul di depan kamar ku pukul setengah satu dini hari hanya untuk memberikan surprise untukku. Ya hari ini aku genap berusia 16 tahun. Oh iya perkenalkan namaku Tasya Adriani biasanya dipanggil Tasya, Sya, Tas atau apalah terserah. “Selamat ulang tahun ya sayang” kata ibuku sambil memeluk dan menciumku. “Selamat ulang tahun sayang, semua kamu makin dewasa kedepannya” kata ayahku. “Selamat ulang tahun Tas jangan bandel mulu” kata kakakku Tomi sambil mencubitku. “Selamat ulang tahun kak Tasya, aku sayang kakak” kata Rania adikku sambil memelukku. “Terimakasih Bu, Yah, Kak, Dik, aku ngga nyangka kalian mau-maunya bangun dan nyiapin semua malem-malem kaya gini” kataku sambil memeluk semuanya.
Dan yang terakhir “Happy birthday Sya, maaf kemarin aku bohong sama kamu” kata Damian sambil ketawa-ketiwi sendiri. “Ih apaan sih kamu nggak lucu banget bohong katanya mau balik ke Flores taunya kesini juga” jawabku sambil mencubit Damian. “Kalian ya berantem mulu, ya udah kita tinggal ke bawah dulu” kata ibuku sambil mengajak ayahku. Kemudian hanya tinggal aku dan Damian ngobrol berdua di kursi depan kamar. “Kamu nggak mau pulang udah jam segini loh, ntar dicariin masmu tuh” candaku kepada Damian. “Ih apaan sih Sya lagian ini udah pagi ya, ini kan hari Minggu aku nginep di rumahmu dong” jawab Damian sambil tertawa. “Dih apaan siapa yang nyuruh kamu nginep di rumahku coba?” tanyaku. “Tadi ibumu yang bilang nanti nginep sini aja Damian mumpung hari Minggu juga wekk” ledek Damian. “Hmm ya terserah deh, btw aku masih ngantuk aku mau tidur lagi, sana ke kamar kak Tomi, keburu dia udah tidur” kataku. “Iya iya aku juga udah ngantuk dari tadi begadang” jawab Damian. “Yee siapa juga yang nyuruh begadang daahh” kataku sambil meninggalkan kursi dan masuk ke kamar.
Oh iya untuk Damian dia bukan pacarku ya, gila aja aku punya pacar kaya dia, bisa-bisa tiap hari aku disiksa sama dia, dicubitin mulu, di tendangin, hmm nakal bgt ya. Dia itu temanku dari kecil udah dianggap saudara sediri sama orangtua ku juga. Kita kenal pas dulu aku masih tinggal di Flores, ya aku dan keluargaku pernah tinggal di Flores karena ayahku bererja di sana. Aku di sana dari masih umurku tiga tahunan sampai aku TK sih. Setelah itu aku sering diajak kesana lagi untuk sekedar ketemu sama Damian. Yah dari situlah aku kenal Damian. Entah kenapa bisa akrab banget sampai sekarang. Bahkan udah dianggap keluarga sama keluargaku. Keluarga Damian pun juga begitu. Damian pindah ke Jogja pas dia mau masuk SMP, sebenarnya dari dulu kakaknya Damian memang sudah bekerja disini jadi sekarang Damian hanya tinggal bersama kakaknya.
Aku duduk di kelas dua SMA di salah satu SMA Negeri yang cukup ternama di Jogja. Rumahku bukan di pusat kota, tapi juga bukan di pelosok desa. Untuk Damian dia kelas dua SMA juga. Dia sekolah di salah satu SMA Swasta khusus agama kristiani di Jogja. Ya dia memang berbeda agama denganku, tetapi itu tidak menjadi masalah, begitu juga dengan keluargaku. Ketika lebaran ayah ibu Damian yang ada di Flores biasanya pulang ke Jogja, setelah itu biasanya dating ke rumahku untuk sekedar ngobrol dan makan bersama. Ketika natal pun juga begitu, aku dan keluargaku dating ke rumah Damian ang di Jogja untuk sekedar ngobrol bareng. Biasanya orang tua Damian merayakan natal di Jogja bersama anak-anaknya.
Damian orangnya emang baik banget sih walaupun tiap hari kalau ketemua dia berantem mulu sih. Tapi dia emang asik banget sih. Kita ini teman akrab, teman dekat tapi rasanya hampir sama kaya orang pacaran. Hampir tiap Minggu Damian ngajak aku jalan-jalan walaupun cuma sekedar makan bareng. Dia juga rela jemput aku padal rumahnya di pusat kota yang jauh dari rumahku.
Hampir semua teman sekelasnya Damian aku kenal, karena kalau Damian main sama temen-temannya pasti aku diajakin terus dikenalin sama teman-temannya. Damian juga kenal sama teman-temanku aku sering ngajakin dia jalan bareng sama temen-temenku.
Kita temen udah lama, tapi kita jarang banget ngobrolin tentang cinta-cintaan karena kalau aku tanya sama Damian tentang pacar atau gebetan pasti Damian langsung mengalihkan pembicaraan. Tapi aku nggak mau sih persahabatan ku sama Damian rusak Cuma gara-gara cinta. Dulu pas kita masih sama-sama duduk di kelas tiga SMP Damian pernah hampir dekat sama temanku, sebenarnya temanku yang suka sama Damian sih. Tapi Damian ngga menanggapi serius. Dia Cuma cerita sama aku kalau temanku ada yang mendekati dia tapi ngga berani terang-terangan karena takut ketahuan sama aku. Dulu teman-temanku emang banyak yang suka sama Damian, yah secara Damian itu kapten basket di SMP-nya dulu. Tinggi, ganteng, jago basket, pokoknya pacarable banget lah. Banyak temanku yang mengira kalau dia itu pacarku jadi ngga ada temanku yang berani terang-terangan mau deketin Damian.
Tempat favorit hangoutku sama Damian cuma di taman kota dekat rumahnya Damian. Biasanya kita duduk di dekat kolam sambil makan es krim ngobrol bareng liatin orang-orang yag berlalu lalang. Yah itu emang favorit banget sih. Beberapa waktu yang lalu aku tanya sama Damian “Dams kamu lagi deket sama siapa sih, kamu ngga pernah cerita ih tentang cewekmu” tanyaku. *uhuk uhuk tiba-tiba Damian keselek es krim hmm* “Eh Sya itu bunganya bagus ya” jawab Damian sambil menunjuk bunga di dekat kolam. Waktu itu kita sedang ngobrol-ngobrol di taman favorit kita. “Tuh kan apa banget deh mengalihkan pembicaraan banget” jawabku sambil memukul Damian. “Ya habisnya kamu nanyanya aneh-aneh sih, kan kamu tau sekolahku itu isinya cowok semua, yakali aku mau nggebet cowok juga” jawan Damian sambil bercanda. “Ya maksudku ngga harus yang ada disekolah mu juga kan, itu sekolah deketmu kan isinya cewek semua hmm” jawabku. “Yee apaan sih cemburu ya kalo aku deket sama cewek lain” kata Damian sambil bercanda. “Apaan sih, siapa coba yang cemburu, kalo mau deket sama cewek lain ya deket aja kali wekk” jawabku. “Tuh tuh marah kan, jadi jutek gitu ngaku aja kali Sya” kata Damian sambil mencubit pipiku. “Udah deh ya kamu kali yang cemburu kalo aku deket sama cowok lain” candaku. “Siapa orang aku juga nggak pernah kan tanya sama kamu tentang gebetanmu atau cowokmu, padal sekolahmu kan banyak cogan cogan tuh” jawab Damian jutek. “Tuh tuh malah balik kamu yang jutek, cemburu kan” kataku. “Udah ah capek Sya cewekku itu kamu” *upsss* kata Damian. “Heh kamu bilang apa tadi?” tanyaku. “Nggak kok nggak lupain, itu es krimnya keburu cair” kata Damian. “Hmm ya, pulang yuk udah sore nih besok sekolah” ajakku. “Yuk, aku anterin kamu pulang ya” tawar Damian untukku. “Heh udah nggak usah, aku kan bawa motor, lagian udah sore” jawabku. “Nggak papa lagi, biasanya juga gimana sih” kata Damian. “Udah nggak usah nggak papa, anterin ngambil motor yuk ke rumahmu” kataku. “Ya udah ayo”.
*dirumah Damian* “Pamitin ke kakakmu ya aku pulang duluan gitu” kataku. “Siap, nanti aku sampaikan” jawab Damian. “Oke, dahh” sambil melambaikan tangan. “Hati-hati ya sayang eh” kata Damian sambil tertawa. “Hmm oke sayang eh” jawabku sambil tertawa juga.
*pesan di LINE*
Damsky: Sya, sibuk nggak? Main yuk, aku jemput kamu jam sembilan.
Tasya: Hmm, keknya sih engga, ya udah oke. Mau kemana btw?
Damsky: Ke tempat biasa ajalah, ke taman.
Tasya: Taman deket rumahmu? Ya elah ga usah dijemput Dams, kan ngalang.
Damsky: Gapapa, biasanya kan juga gitu.
Tasya: Hmm y serah.
*di rumah Tasya*
“Bu, aku pergi dulu ya sama Damian ke tempat biasa” kataku sambil sedikit berteriak. “Iya hati-hati ya, pulang jangan kesorean” kata ibuku sambil berjalan keluar dari dapur. “Eh ada Damian, mau main ke mana Dams?” tanya ibuku. “Ke tempat biasa aja tante, nanti saya anterin Tasya pulang kok” kata Damian sambil tersenyum ke ibu. “Eh apaan nggak usah” kataku. “Udah diem nggak papa” sambil melotot ke aku. “Eh ya udah makasih ya Dams, hati-hati jagain Tasya dia bandel soalnya, salam juga buat kakakmu” kata ibuku sambil tertawa kecil. “Apaan sih bu?” kataku jutek. “Siap tante nanti saya sampaikan salamnya, iya dia emang bandel banget tante” kata Damian. “Hmm ya udah ayo keburu panas” jawabku. “Kita permisi dulu tante” kata Damian. “Yaa” kata ibuku singkat.
*di taman kota*
“Eh Sya itu burungnya lucu banget tuh tuh terbang-terbang” sambil menunjuk burung. “Apaan sih Dams kaya nggak ada pembicaaan lain aja hmm” jawabku ketus. “Hahahaha kita mau ngobrolin apa sih?” kata Damian. “Lah gatau, kan kamu yang ngajakin kesini” jawabku. “Ya udah pulang ja yuk” kata Damian sambil berdiri. “Apa banget deh Dams barusan juga duduk udah ngajakin pulang aja” jawabku kesal. “Hahaha nggak nggak canda doang, gitu aja marah” kata Damian sambil duduk lagi. “Nggak marah Damsque” kataku sambil tertawa. “Ew alay deh” kata Damian. “Iya deh sayang” kataku sambil tertawa lagi. “Nah gitu dong panggil sayang eh” kata Damian sambil mencubit pipiku. “Hmm kebiasaan banget ya Dams nyubit pipiku?” jawabku kesal. “Habis itu pipi apa bakpao minta di cubit mulu” kata Damian tertawa. “Ya gitu deh” jawabku. “Gini Sya, kamu pernah nggak ngerasain yang berbeda ke aku?” tanya Damian serius. “Ih apaan nggak usah serius-serius gitu kali” jawabku santai. “Serius ini aku” jawab Damian kembali serius. “Ya udah ya udah yuk serius” kataku. “Sya langsung aja ya aku ngomong, ini aku dari lama sih sebenarnya aku simpan. Kita kan udah lama banget kenal yak an, udah dari kecil bgt, sampe sekarang kita udah sama-sama kelas dua SMA, aku sayang sama kamu Sya, kamu mau nggak jadi teman hidupku?” kata Damian sambil tersenyum. *uhuk uhuk tiba-tiba Tasya batuk* “Eh aku juga sayang sama kamu Dams, tapi aku udah nganggep kamu itu keluarga ku sendiri, begitu juga kulargaku nganggep kulargamu udah kaya keluarga sendiri. Untuk jadi teman hidup aku juga berharap kita jadi teman sampai seterusnya kok, tapi untuk hubungan yang lebih dari teman kayanya enggak deh Dams, maaf ya, banyak alasannya yang ngak perlu aku sebuin satu-satu” jawabku sambil tersenyum. “Hahaha iya, aku juga ngerti kok mulai dari kita beda agama kan” jawab Damian sedih. “Emm itu juga termasuk sih, tapi aku nggak masalahin itu kok” jawab ku. “Iya aku ngerti, ya udah lah lupain aja nggak penting” kata Damian jutek. “Udah sore pulang yuk, kamu nggak usah nganterin aku gapapa” kataku. “Hmm iya aku juga udah agak males” kata Damian jutek. “Kamu kenapa sih gitu banget, maafin aku Dams” kataku sedih. “Iya iya aku ngga kenapa-napa kok. Udah ayo pulang” kata Damian kesal. “Yukk”.
Setelah obrolan waktu itu berhari-hari dia ngga ada kabar, dihubungin juga susah banget. Karena jarang ke rumah ibuku bertanya “kok Damian udah berhari-hari ngga ke rumah kemana Sya? Lagi sibuk ya?” tanya ibuku. “Tasya juga ngga tau bu, udah berhari-hari ini dia susah banget dihubungin” jawabku khawatir. “Loh kalian nggak lagi marahan kan?” tanya ibu penasaran. “Emm enggak juga sih bu” jawabku. “Coba kamu hubungin kakaknya aja deh” kata ibuku. “Iya bu, nanti coba aku tanya ini ke Kak Andi” jawabku.
*di telfon*
Tasya: Hallo kak Andi.
Andi: Hallo Tasya ada apa ya?
Tasya: Eh ini kak  mau tanyai soal Damian, dia kemana ya? Kok akhir-akhir ini susah banget dihubungin.
Andi: Loh kamu nggak di pamitin sama Damian Sya? Dia kan kemarin pulang ke Flores, katanya sih kangen Flores.
Tasya: Hah dia pulang ke Flores kok nggak cerita-cerita sama aku ya kak.
Andi: Hmm kakak juga nggak tau Sya, terakhir sih dia bilang nggak tau kapan mau balik ke Jogja lagi. Dia juga udah izin sama guruya.
Tasya: Hmm ya udah kak Andi, makasih sebelumnya.
Andi: Oke Sya.
*berfikir* Ya ampun Damian kok segitunya baget ya sama kau, pulang ke Flores tapi nggak ngabar-ngabarin aku dulu. Pasti ini gara-gara omonganku kemarin, aku ngga nyangka dia bisa marah sampai kaygini ke aku. Coba deh aku telfon dia lagi.
*di telfon*
Tasya: Hallo Damian?
Damian: Apa Sya?
Tasya: Kamu kok gitu sih Dams, masih marah sama aku, aku kan udah minta maaf sama kamu, sampai-sampai kamu pulang ke Flores nggak ngabarin aku dulu, terus beberapa hari ini kamu susah banget dihubungin Dams *sambil nagis*.
Damian: Hahaha kamu udah tau aku pulang ke Flores, kamu kenapa malah nangis gitu kek anak kecil *sambil tertawa*.
Tasya: Ya habisnya kamu jahat sama aku *semakin menangis*.
Damian: Itu air matanya hapus dulu deh sampe banjir-banjir gitu *tertawa*.
Tasya: Nggak usah bercanda Dams, kamu kapan pulang ke Jogja lagi, kapan jemput aku, kapan ngobrol bareng di taman lagi Dams? *menangis semakin kencang*
Damian: Nggak usah nangis ih, untuk saat ini aku belom tau kapan balik ke Jogja lagi Sya, masih pengen sendiri.
Taya: Aaaaaaaaaaaaaaa *menangis semakin kencang*
Damian: Udah deh nggak usah nangis mulu, palingan sabtu aku pulang.
Taya: Beneran ya Sabtu, awas kalo bohong.
Damian: Iya.
Taya: Jutek banget sih Dams, cepet balik, aku sayang kamu, aku nggak mau kehilangan kamu sayang.
Damian: Iya.
Tasya: Kok nggak manggil sayang sih? *menangis*
Damian: Mau banget sih dipanggil sayang?
Taya: Aaaaaaaaaaaaa *menangis lagi*
Damian: Iya iya sayang.
Tasya: Hmm ya udah ati-ati ya di Flores.
Damian: Iya bye.
*hari Sabtu*
Tok.. tok.. tok.. “iya sebentar” sambil membuka kan pintu kamar. “Damiannn, aku kangen banget sama kamu, kamu jangan kaya kemarin lagi ya aku nggak mau temenan lagi sama kamu kalo kamu kaya kemaren lagi” kataku sambil memeluk erat Damian. “Iya iya aku juga sayang pake banget sama kamu, aku juga sebenernya nggak mau ninggain kamu kok, waktu itu aku lagi pengen sendiri aja” jawab Damian sambil memelukku juga. “Udah ya bukan mukhrim hehe, kamu ngga sekolah Dams? Tanyaku sambil melepaskan pelukannya. “Enggak kan aku izin ngga masuknya sampai Sabtu, Senin aku berangkat” jawab Damian. “Ya udah anterin aku sekolah aja yuk Dams”. “Yokk, nanti aku jemput ya”. “Oke, jangan telat ya sayang”. “Siapp” jawab Damian penuh semangat.
*dirumah Tasya pulang sekolah*
“Sya besok Sabtu depan aku ada makrab sama anak-anak sekolah sebelah” kata Damian. “Oh yang isinya cewek semua itu ya Dams?” tanyaku. “Hmm iya Sya” jawab Damian kesal. “Cantik-cantik loh Dams ceweknya, siapa tau ada yang cocok ya nggak?” kataku menggoda Damian. “Apaan sih Sya, segitunya banget ya?” jawab Damian jutek. “Hahaha nggak Dams canda kali”. “Iya iyaa” jawab Damian.
*dirumah Tasya setelah hari Sabtu*
“Sya kenalin ini Tania, anak sekolah sebelah yang aku kenal dari makrab kemarin” kata Damian. “Tuh kan Dams, aku bilang juga apa ada yang cocok kan” aku menggoda Damian. “Hmm ya Sya”. “Tasya Adriani, panggil aja Tasya, teman dari kecilnya Damian” sambil berjabat tangan dengan Tania. “Aku Tania Anggrita, panggil aja Tania. Oh iya Damian banyak cerita tentang kamu loh” sambil berjabat tangan. “Oh ya, pasti ngomongin yang jelek-jelek” kataku kesal. “Ya iyalah, emang kamu ada bagusnya” kata Damian meledek. “Tuh tuh kaya gitu Damian oarangnya, ngeselin. Kamu ati-ati ya Tan di cubitin mulu pipinya sama Damian” kataku balas meledek Damian. “Paan sih Sya nggak lucu, nggak usah dengerin Tan”. “Hahahaha kalian ini lucu banget ya”. “Uhh makasih Tan, emang lucu sih haha” jawabku bercanda. “Udah sore, pulang yuk, aku anterin kamu pulang Tan” kata Damian kepada Tania. “Iya, yukk” kata Tania. “Ya udah kita pulang dulu ya Sya, pamitin ke ibumu” kata Damian. “Siap, nanti disampaikan”. “Bye Sya” kata Tania. “Bye, ati-ati ya Tan Damian emang suka bandel” kataku sambil tertawa. “Hahaha iya Sya”. “Udah deh Sya daahh” kata Damian melambaikan tangan. “Dahh, ati-ati” kataku melambaikan tagan juga.
*******************************
Semakin hari Damian semakin dekat sama Tania, sikap Damian ke aku juga udah mulai berubah. Damian udah jarang banget ngajakin aku jalan. Yah aku sih Cuma berharap persahabatanku sama Damian nggak akan putus.
Sekarang waktunya aku memulai lembaran baru dengan suasana yang baru pula. Dengan tidak bergantung sama Damian terus. Karena ini juga sudah keputusanku. “Aku sayang kamu Damian”.

1 komentar:

 

Tulisannya Riska Template by Ipietoon Cute Blog Design