(kebanyakan tugas sih) let's go!

Jumat, 03 Juni 2016

Teks Observasi Burung Pleci



TUGAS AKHIR BAB TEKS OBSERVASI
Farhani Riska Septia
X IPS 2/09

Burung Pleci
Burung Pleci, dulu memang tidak terlalu banyak orang menggemari burung ini. Tetapi di zaman modern ini kian banyak orang yang memelihara burung kecil yang satu ini. Bahkan menjadi idola bagi masy  arakat pecinta burung kicau.
Burung pleci berukuran kecil sekitar 12 cm. Tubuh bagian atas berwarna hijau dengan tunggir warna kuning-hijau mencolok. Ekor berwarna hijau-hitam gelap. Dahi berwarna hitam. Lingkaran mata berwarna putih dan agak lebar. Bagian bawah lainnya dari burung pleci berwarna putih dengan sisi tubuh abu-abu. Paruh dan kaki jingga pucat.
Burung yang ini sering beraktifitas dibagian tengah dan atas kanopi hutan pada hutan primer di daerah perbukitan. Makanan utama burung pleci adalah serangka meskipun  juga mengkonsumsi aneka buah.
Untuk membedakan burung pleci jantan & betinanya cukup mudah, burung pleci jantan kebanyakan mempunyai alis mata yang lebih tebal dan lebar. Kepala tidak menonjol mempunyai leher lebih panjang di bandingkan leher pleci betina. Postur tubuh lebih ramping dan memanjang, dengan ekor yang rapi dan berbentuk seperti huruf V .
Cara merawat burung pleci cukup mudah. Biasanya setiap pagi dijemur dari sekitar jam 5 pagi hingga 10 siang. Kemudian ketika siang hari burung disemprot menggunakan air. Untuk tetap menjaga kesehatan burung, kandangnya setiap sore dibersihkan. Untuk makanan burung pleci juga mudah didapat. Biasanya burung pleci memakan serangga seperti ulat hongkong, ataupun makanan khusus burung pleci yaitu pur. Burung pleci juga memakan buah-buahan seperti pisang kapok. Untuk pemberian makan menggunakan pisang kapok hanya perlu diberikan 2 hari sekali.
Yang menjadi daya tarik dari burung pleci biasanya adalah suaranya. Burung pleci juga mudah dipelihara, harganya juga terjangkau bagi masyarakat biasa. Cara melatih kicauannya juga cukup mudah hanya dengan menggunakan terapi musik. Biasanya harga burung pleci sekitar 25.000 ribu rupiah. Setelah dilatih suaranya dan akan dijual kembali bisa mencapai 75.000 ribu rupiah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tulisannya Riska Template by Ipietoon Cute Blog Design