(kebanyakan tugas sih) let's go!

Senin, 27 Agustus 2018

Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Menghadapi Globalisasi


Musyawarah Untuk Menghadapi Globalisasi

                Musyawarah yang berarti berunding, mengatakan dan mangajukan sesuatu. Jadi musyawarah adalah suatu cara untuk memecahkan persoalan guna mengambil keputusan bersama dalam pemecahan masalah yang menyangkut urusan bersama. Musyawarah adalah bagian dari pancasila. Dlam demokrasi pancasila penentua hasil dilakukan dengan cara musyawarah mufakat tetapi jika terjadi benturan yang berkepanjangan barulah dilakukan voting atau pungutan suara. Musyawarah mufakat ini sudah ada sejak dahulu dan dinilai sebagai warisan leluhur bangsa karena selalu dilakukan untuk menentukan hasil. Musyawarah mufakat ini mampu menyatukan dan menciptakan kehidupan yang damai ditengah perbedaan di Indonesia ini.
                Globalisasi merupakan suatu proses internaslisasi yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan transportasi, telekomunikasi dan perdagangan merupakan salah satu aspek dari globalisasi yang semakin memudahkan aktivitas manusia sekarang.
                Semakin berkembangnya jaman sekarang ini budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia semakin menggeser budaya asli dari Indonesia. Salah satunya budaya musyawarah mufakat yang dulu selalu dilakukan untuk mencari solusi dan mencapai tujuan. Tetapi kini sudah jarang digunakan pada masyarakat sekarang karena dinilai lebih rumit dan memakan waktu yang lama. Akhir-akhir ini semangat musyawarah mufakat memang agak menurun. Seiring dengan semakin mudahnya media komunikasi untuk diakses musyawarah mufakat pun bisa dengan mudah dilakukan lewat media digital yaitu media social seperti ‘Whatsapp’ atau pun ‘bbm’ berbeda dengan dahulu yang harus selalu dilakukan dengan berkumpul dan berdiskusi bersama untuk mencapai suatu tujuan.
                Era globalisasi ini tidak hanya membawa dampak positif tetapi juga ada dampak negative. Salah satu dampak negativenya adalah musyawarah mufakat yang sudah digantikan dengan voting, walaupun awalnya masih menggunakan musyawah mufakat teapi akhirnya hanya menggunakan voting untuk mempersingkat waktu. Voting yang paling marak di Indonesia adlah sms voting yang banyak dilakukan di beberapa acara tv di Indonesia.
                Seharusnya di era sekarang ini budaya-budaya asli dari Indonesia ini lah yang harusnya diperkuat untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa demi menghadapi budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia. Berpegang teguh pada dasar-dasar pancasila dan budaya yang sudah ad sebagai bekal untuk menghadapi budaya luar. Salah satunya dengan musyawarah mufakat, dengan musyawarah mufakat ini tidak hanya akan mendapatkan hasil sutau permasalahan saja, namun juga dapat meningkatkan persaudaraan dan silatuhami dengan cara berkumpul dan berkomunikasi bersama. Menyampaikan pendapat dengan cara yang baik, menghargai pendapat orang lain, dan mampu bekerja sama adalah salah satu manfaat dari musyawarah mufakat itu sendiri.
                Kita harus selalu melestaraikan dan membudayakan musyawarah mufakat terlebih dahulu sebelum menggunakan voting. Agar generasi muda yang akan datang mengetahui bahwa Indonesia memiliki budaya leluhur yang sangat bermanfaat dalam mencapai hasil dan tujuan pada suatu permasalahan yang ada. Musyawarah juga dapat digunakan untuk menghadapi budaya-budaya asing yang msuk agar bisa lebih difilter baik buruknya.
               

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tulisannya Riska Template by Ipietoon Cute Blog Design