(kebanyakan tugas sih) let's go!

Kamis, 01 Februari 2018

LAPORAN PEMBUATAN PRODUK MAKANAN FUNGSIONAL "JAMU BERAS KENCUR"



LAPORAN PEMBUATAN PRODUK MAKANAN FUNGSIONAL "JAMU BERAS KENCUR"
Disusun oleh:
  1. Farhani Riska Septia             (09)
  2. Faza Nashihah                        (10)
  3. Fina Rahmawati                     (11)
  4. Imelda Fani Swastika            (12)
  5. M. Julio Rifqi R.                   (21)
XII IPS 2


SMA N 1 GODEAN
2017/2018


KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kami panjatkan kehandirat Tuhan YME yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya  sehingga kami dapat menyelesaikan laporan pembuatan produk makanan fungsional di  SMA Negeri  1 Godean tahun 2018 ini dengan lancar.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga laporan ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya laporan ini. 
Semoga laporan ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.


Sleman, Januari 2018


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
…………………………..…
i
KATA PENGANTAR
…………………………..…
ii
DAFTAR ISI
…………………………..…
iii
BAB I PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG MASALAH
…………………………..…
1
B.     TUJUAN USAHA
…………………………..…
2
C.     PELAKSANAAN KEGIATAN
…………………………..…
2
BAB II PROSES PRODUKSI


A.    PROSES PRODUKSI
…………………………..…
3
B.     PERHITUNGAN MODAL DAN LABA
…………………………..…
4
C.     POTENSI DASAR KELEBIHAN DARI USAHA
…………………………..…
4
D.    KENDALA
…………………………..…
4
E.     STRATEGI PEMASARAN
…………………………..…
4
F.      PENJUALAN
…………………………..…
5
G.    HASIL DAN PEMBAHASAN
…………………………..…
6
H.    DATA DOKUMENTASI
…………………………..…
7
BAB III PENUTUP


A.    KESIMPULAN
…………………………..…
9
B.     SARAN DAN TANGGAPAN
…………………………..…
9


BAB I
PENDAHULUAN
A.        LATAR BELAKANG
Kebutuhan akan makanan mengalami pergeseran dari waktu ke waktu. Berawal dari istilah empat sehat lima sempurna, dimana setiap orang disarankan untuk memenuhi kebutuhan gizi melalui sumber karbohidrat (beras, ubi, gandum), lauk sebagai sumber protein dan lemak (ikan, tempe, tahu, daging dsb), sayur sebagai sumber vitamin, serat dan mineral, buah sebagai sumber vitamin dan mengonsumsi susu agar menjadi 5 sempurna. Kebutuhan makanan bagi setiap orang kemudian bergeser menjadi menu seimbang, dalam artian, bahwa kebutuhan tiap individu tidak harus mengikuti empat sehat lima sempurna, namun disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.
Seiring dengan makin meningkatnya kesadaran pangan masyarakat akan pentingnya hidup sehat, maka tuntutan konsumen terhadap bahan pangan juga semakin bergeser. Bahan pangan yang kini mulai banyak diminati konsumen bukan saja yang mempunyai komposisi gizi yang baik serta kenampakan dan cita rasa yang menarik, tetapi juga harus memiliki fungsi fisiologis tertentu bagi tubuh.
Saat ini banyak dipopulerkan bahan pangan yang mempunyai fungsi fisiologis tertentu di dalam tubuh, misalnya untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan penyerapan kalsium, dan lain-lain.
Istilah pangan fungsional merupakan nama yang paling dapat diterima semua pihak untuk segolongan makanan dan atau minuman yang mengandung bahan-bahan yang diperkirakan dapat meningkatkan status kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit-penyakit tertentu. Seperti jahe memiliki banyak manfaat seperti mengurangi mual, mengurangi rasa sakit, mencegah kanker, dan juga mencegah penyakit kulit. Kencur untuk mengurangi masuk angina, mengobati batuk, mengobati radang lambung.
Maka dari itu kami akan membuat produk makanan fungsional yang mengandung jahe dan kencur yang memiliki banyak manfaat yaitu ‘Jamu Beras Kencur’. Jamu beras kencur memiliki beberapa manfaat antara lain peningkat nafsu makan, penghilang capek dan pegal-pegal, mengobati masuk angin, pengobat batuk, dan penghilang nyeri.
B.         TUJUAN PEMBUATAN
Tujuan pembuatan produk makanan fungsional ini yaitu
1.      Untuk menambah  penghasilan yang dapat kami gunakan untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari
2.      Untuk menerapkan ilmu pengetahuan dalam bidang berwirausaha
3.      Bisa memanfaatkan waktu luang, untuk sesuatu yang berguna
4.      Menciptakan lapanagan pekerjaan
5.      Menciptakan produk olahan makanan fungsioanl baru

C.         PELAKSANAAN KEGIATAN
Pembuatan produk makanan fungsional ini di buat secara bersama-sama, berkelompok. Dilaksanakan di rumah salah satu anggota kelompok pada tanggal 30 Januari 2018. Kami membuat Jamu Beras Kencur.


BAB II
PROSES PRODUKSI
A.    PROSES PRODUKSI
Jamu Beras Kencur
1.      Bahan
·         Air secukupnya
·         Kencur secukupnya
·         Beras putih 200 gram
·         Gula jawa 200 gram
·         Daun pandan 2 lembar
·         Jeruk nipis 2 buah
·         Garam secukupnya
·         Gula pasir secukupnya

2.      Alat
·         Gelas
·         Panci
·         Sendok
·         Pisau
·         Mangkuk
·         Saringan
·         Tumbukan

3.      Cara membuat
·         Terlebih dahulu rendam 200gr beras putih dalam air bersih selama 3 jam
·         Isi panci dengan 6 gelas air bersih, lalu rebus beserta jahe, daun pandan, kencur, serta gula jawa. Aduk rata dan masak sampai mendidih hingga matang.
·         Kemudian saring air rebusan di atas pisahkan ampasnya, lalu tumbuk bersama dengan rendaman beras putih di atas hingga halus.
·         Setelah ditumbuk haluk, simpang kembali dalam saringan, lalu sirah dengan air rebusan tadi agar aroma beras kencur lebih dominan dan terasa.
·         Tambahkan air perasan jeruk nipis serta sedikit garam ke dalamnya. Aduk rata.
·         Pastikan rasa jamu sudah terasa pas sebelum dihidangkan.


B.     MODAL DAN LABA
Kencur                         : Rp 4000
Gula merah                  : Rp 3000
Jahe                             : Rp 3000
Beras                          : Rp 9000
Daun pandan               : Rp 3000
Total anggaran            : Rp 22.000
Harga Jual                   : Rp 5000

C.     KELEBIHAN USAHA
Kelebihan dari pembuatan jamu beras kencur yaitu proses pembuatan yang mudah dan memerlukan waktu yang sebentar. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu ini cukup mudah terutama bahan  utama yang digunakan membuat jamu ini yaitu kencur dan beras yang dapat dengan mudah ditemukan.
Selain itu, khasiat dari jamu beras kencur ini dapat digunakan untuk meredakan tenggorokan saat terkena flu dan pusing.

D.    KENDALA
Dalam pembuatan jamu beras kencur ini, kami mengalami kendala yaitu waktu perendaman beras yang cuku lama.

E.     HASIL DAN PEMBAHASAN
Produk makanan fungsional ini kami buat menggunakan beras, kencur, jahe, gula jawa dan juga daun pandan. Produk ini kami buat, lalu kami jual, sehingga memperoleh laba. Dalam proses pembuatan ini diperlukan kehati-hatian, dan juga kesabaran karena dalam merendam beras diperlukan waktu 3 jam agar hasil produk maksimal sehingga khasiat jamu lebih terasa. Jamu beras kencur ini juga memiliki banyak manfaat antara lain meredakan flu, meredakan kembung, menghangatkan tubuh. Kemudian untuk penjualan kami juga menyertai label dan kemasan yang membuat informasi mengenai produk yang kami jual. Untuk mempromosikannya kami menggunakan media social dan juga menyebar brosur.


BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Jamu beras kencur yang kami buat memiliki manfaat yaitu untuk meredakan tenggorokan saat terkena flu dan pusing. Dalam pembuatan jamu ini, kami menggunakan bahan yang sederhana, yaitu jahe, kencur, beras, gula merah, dan daun pandan. Kelebihan dari proses pembuatan jamu ini yaitu pembuatan yang mudah dan memerlukan waktu yang tidak lama. Kami mengalami kendala dalam waktu perendaman beras yang cukup lama. Dalam proses pembuatan ini kami harus memperhatikan takaran yang pas sehingga menghasilkan rasa yang nikmat.

B.     SARAN
Dalam pembuatan jamu beras kencur ini, kami harus memperhatikan keselamatan saat proses pembuatan, seperti berhati-hati dalam menumbuk. Disarankan dikonsumsi selagi hangat agar khasiatnya lebih terasa.


 

 

3 komentar:

 

Tulisannya Riska Template by Ipietoon Cute Blog Design